Rabu, 27 Desember 2017

Kalimat Thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar


1)      Kalimat Thayyibah Al-hamdulillāh
      Al-hamdulillāh artinya segala puji bagi Allah. Al-hamdulillāh disebut juga bacaan tahmid. Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat tayyibah Al-hamdulillāh adalah: ketika mendapatkan kenikmatan dari Allah Swt., ketika terhindar dari musibah, ketika mendengar kabar gembira, setelah selesai melakukan suatu pekerjaan, ketika wirid selesai salat fardlu.
      Adapun hikmah membaca kalimat tayyibah Al-hamdulillāh adalah: dapat memberatkan timbangan amal kebaikan, lebih banyak mengingat Allah, dan terhindar dari sifat sombong.
2)      Kalimat Thayyibah Allāhu Akbar
      Allāhu Akbar artinya Allah Maha Besar, disebut juga bacaan takbir. Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat tayyibah Allāhu Akbar adalah: ketika melihat, mendengar, atau merasakan kemahakuasaan Allah Swt., teriakan di medan perang, ketika mengumandangkan takbir pada malam takbiran, ketika mengumandangkan azan dan iqomat, pada waktu wirid setelah selesai salat fardlu, dan ketika melihat sesuatu yang luar biasa.
      Adapun hikmah membaca kalimat tayyibah Allāhu Akbar adalah selalu mengingat kebesaran Allah, terhindar dari sifat sombong, dan mendapat pahala.

2 komentar:

LAGU ANAK AYAM

Lagukan ini saat pembelajaran tematik untuk anak-anakku kelas 2 ya! Tekotek kotek kotek anak ayam turun berkotek Tekotek kotek kot...