Satuan
Pendidikan : MI
Badrussalam Surabaya
Kelas
/ Semester : II / 2
Tema
/ Topik : Merawat Hewan
dan Tumbuhan
Sub Tema : Merawat Hewan
Petemuan
ke : 1
Semester : 2 (Dua)
Alokasi
Waktu : 1
x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
|
||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang
alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan
sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
3.1.4 Siswa dapat memprediksi isi teks laporan
sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar.
3.1.5 Siswa dapat membaca nyaring teks laporan
sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar.
4.1.6 Siswa dapat menyimpulkan hasil laporan
sederhana tentang pengamatan hewan di lingkungan sekitar.
|
|
Matematika
|
||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari
hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel
sederhana.
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data
yang disajikan dengan grafik konkrit dan
piktograf.
|
3.10.3 Siswa dapat membandingkan hasil pengukuran
berat dua benda.
4.10.3 Siswa dapat membaca data yang disajikan
dengan grafik konkrit/piktograf.
|
|
PPKn
|
||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
3.1 Mengenal simbol-simbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila.
|
3.1.1 Siswa dapat mengenal simbol-simbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Siswa dapat engamati dan menceritakan perilaku
di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila.
|
|
SBdP
|
||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan
tempo gerak.
4.9 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara
langsung atau dengan media rekam.
|
3.3.1 Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk
gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.9.1 Siswa dapat menentukan gerakan binatang.
|
|
- TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar Lani membersihkan kandang
ayam, siswa dapat memprediksi isi teks laporan sederhana tentang hewan di
lingkungan sekitar dengan penuh rasa ingin tahu dan sikap peduli.
2. Dengan teks bacaan tentang merawat ayam, siswa dapat
membaca nyaring teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar
dengan penuh rasa percaya diri.
3. Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan teks laporan,
siswa dapat menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan hewan di
lingkungan sekitar dengan tanggung jawab.
4. Dengan tanya jawab tentang gerakan ayam, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh
rasa percaya diri.
5. Dengan tanya jawab dan peragaan gerakan ayam, siswa
dapat menentukan gerakan binatang dengan penuh rasa ingin tahu.
6. Dengan mengamati gambar burung Garuda, siswa dapat
mengidentifikasi simbol simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila” dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan tanggung jawab.
7. Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat
menceritakan perilaku yang dilakukan di sekitar rumah yang sesuai dengan
simbol-simbol Pancasila dengan tanggung jawab.
8. Dengan mengisi tabel tentang perilaku yang
mencerminkan nilai Pancasila, siswa dapat menerapkan perilaku di sekitar rumah
yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila dengan sikap peduli dan tanggung
jawab.
9. Dengan mengamati gambar dan soal latihan tentang hasil
pengukuran berat hewan, siswa dapat membandingkan hasil pengukuran berat dua
benda dengan tanggung jawab.
10. Dengan mengamati grafik konkrit/piktograf, siswa dapat
membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit/ piktograf dengan rasa ingin
tahu yang tinggi dan tanggung jawab.
- MATERI PEMBELAJARAN
1. Laporan Teks Sederhana tentang Hewan
2. Membandingkan Hasil Pengukuran Dua Benda
3. Bentuk Gerakan Binatang
4. Simbol-simbol Sila Pancasila
E. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Pembelajaran :
- Gambar Lani membantu ayah membersihkan kandang ayam.
- Gambar Lani dan Ayah membersihkan kandang (Mengamati)
- Teks laporan tentang “Merawat Ayam”.
- Teks lagu “Anak Ayam”.
- Gambar burung Garuda.
- Gambar ayam jantan dan ayam betina.
- Piktograf.
- Topeng Ayam.
- PPT (Power Point).
2. Alat
Pembelajaran
a. Papan
tulis dan spidol.
b.
Laptop.
c.
LCD dan
proyektor.
3.
Sumber
Pembelajaran
a.
Buku
Paket Tema 7 (Sub Tema 2) Kurikulum
2013 Untuk Kelas II SD/MI.
b.
Bahan Ajar Tema 7 (Sub Tema 2) Kelas II SD/MI materi Merawat
Hewan dan Tumbuhan.
c.
Lembar Kerja
Siswa.
- PENDEKATAN, METODE, STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Model
Pembelajaran : Pembelajaran
Kooperatif (Cooperative Learning)
2.
Metode
Pembelajaran : Ceramah, ilustrasi, tanya
jawab, diskusi, demonstrasi, dan
presentasi.
3.
Strategi
Pembelajaran : Snow Ball Throwing
4.
Pendekatan
: Scientific (Mengamati,
Menanya, Mengeksplorasi, Menalar dan Mengkomunikasikan)
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Siswa merespon salam dan mensyukuri
anugerah Tuhan dan saling mendoakan. Salamnya Guru Seperti ini: Assalamu’alaikum
kaifa haluk? Murid menjawab: Wa’alaikum salam Alhamdulillah. Guru : Assalamu’alaikum
wa’alaikum salam, asslamu’alaikum kaifa haluk? Murid : Wa’alaikum salam Alhamdulilah.
2.
Siswa mengacungkan tangan untuk absen
kehadiran.
3.
Siswa berdo’a bersama sebelum belajar
dengan dipimpin oleh ketua kelas.
4. Siswa
diajak ice
breaking dengan tepuk semangat
untuk memotivasi siswa, dan permainan “Berjalan
menirukan jalan binatang”
5. Siswa merespon
apersepsi yang disampaikan pendidik dengan gambar dan pertanyaan.
7. Siswa menerima
informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan
pembelajaran yang akan dipelajari.
|
5
menit
|
2.
Kegiatan
Inti
|
1. Guru
membimbing siswa mengamati gambar dengan memberikan pertanyaan menggali dan menuntun.
2. Siswa
mengamati gambar Lani membantu ayah membersihkan kandang ayam (mengamati).
3. Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati pada lembar kerjanya (menanya).
4. Siswa saling
menukarkan pertanyaan dengan teman sebangkunya (mengomunikasikan).
5. Siswa menjawab
pertanyaan yang dibuat temannya pada lembar kerja yang disediakan pada buku siswa
(menalar).
6. Siswa bersama
teman sebangku saling berdiskusi tentang jawaban yang dibuat (mengomunikasikan).
7. Siswa membaca
teks laporan merawat ayam (mengamati).
8. Siswa menjawab
pertanyaan berkaitan dengan isi teks laporan merawat ayam (menalar).
9. Siswa
mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengomunikasikan).
10. Siswa membuat
kesimpulan dari teks laporan yang telah dibaca (mencoba).
11. Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tantang kesimpulan yang telah dibuat (mengomunikasikan).
12. Siswa
dibimbing guru menyanyikan lagu “Anak Ayam” (mencoba).
13. Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang isi lagu yang telah dinyanyikan (mengomunikasikan).
14. Siswa
dibimbing mengidentifikasi gerakan ayam mengepakkan sayap (menalar).
15. Siswa
menirukan gerakan ayam mengepakkan sayap (mencoba).
16. Siswa
menyanyikan lagu “Anak Ayam” sambil memperagakan gerakan ayam mengepakkan sayap
(mencoba).
17. Siswa
mendiskusikan teks singkat yang dibaca tentang perilaku Lani yang berkaitan dengan nilai
Pancasila (mengomunikasikan).
18. Siswa
mengamati gambar burung Garuda (mengamati).
19. Siswa
mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila (menalar).
20. Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang perilaku yang pernah dilakukannya di rumah sesuai
dengan nilai pada sila-sila Pancasila
(menanya).
21. Siswa
menceritakan perilaku yang pernah dilakukannya di rumah sesuai dengan nilai pada sila-sila
Pancasila (mengomunikasikan).
22. Siswa
menyimpulkan perilaku yang pernah dilakukan.
23. Siswa mengisi
tabel tentang bentuk perilaku di sekitar rumah yang sesuai dengan sila-sila pada
Pancasila (mencoba).
24. Siswa
mendiskusikan jawaban yang ditulis (mengomunikasikan).
25. Siswa
mengamati gambar dan hasil pengukuran berat hewan (mengamati).
26. Siswa
membandingkan berat dua kelompok binatang mengerjakan latihan yang ada di buku siswa
(menalar).
27. Siswa dan guru
mendiskusikan jawaban dari latihan yang telah dikerjakan (mengomunikasikan).
28. Siswa
mengamati grafik konkrit/piktograf yang berkaitan dengan jumlah ayam Lani
pada setiap kandang (mengamati).
29. Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan grafik konkrit/ piktograf yang diamati (menanya).
30. Siswa dan guru
mendiskusikan jawaban atas pertanyaan dari piktograf yang telah diamati
(mengomunikasikan).
31. Siswa
mengamati data tentang jumlah ayam pada setiap kandang (mengamati).
32. Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan piktograf (menalar).
|
20 menit
|
3.
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan
Siswa yaitu:
·
Bertanya jawab dengan menyimpulkan materi
pada hari ini yang telah dipelajari disertai penguatan dari guru.
·
Menerima pekerjaan rumah pada materi hari ini
yang harus dikerjakan siswa.
·
Menerima motivasi dari guru agar selalu merawat
hewan dan tumbuhan dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Berdoa bersama setelah pelajaran selesai
dan diakhiri menjawab salam dari guru.
Kegiatan
Guru yaitu:
·
Bertanya jawab dengan menyimpulkan materi
pada hari ini yang telah dipelajari disertai penguatan dari guru.
·
Menyampaikan pekerjaan rumah pada materi
hari ini yang harus dikerjakan siswa.
·
Menjelaskan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
·
Menyampaikan motivasi kepada siswa agar
selalu merawat hewan dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Berdoa bersama setelah pelajaran selesai
dan diakhiri mengucapkan salam
dari guru.
|
10 menit
|
H. PENILAIAN
Ø Kisi-kisi Penilaian
Indikator
kompetensi
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
penilaian
|
Bahasa
Indonesia
3.1.4 Siswa dapat memprediksi isi teks laporan
sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar.
3.1.5 Siswa dapat membaca nyaring teks laporan
sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar.
4.1.6 Siswa dapat
menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan hewan di lingkungan
sekitar.
|
Tes
Non tes
Tes
|
Tes Tulis
Penilaian diri
Tes Lisan
|
Butir Soal Tulis
Rating scale
Butir Soal Lisan
|
Matematika
3.10.3 Siswa dapat membandingkan hasil pengukuran
berat dua benda.
4.10.3
Siswa dapat membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit/piktograf.
|
Tes
Non tes
|
Tes Tulis
Performance
|
Butir Soal Tulis
Rating scale
|
PPKn
3.1.1 Siswa dapat mengenal simbol-simbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1
Siswa dapat mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah
dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila
Pancasila.
|
Tes
Non tes
|
Tes Lisan
Performance
|
Butir Soal Lisan
Rating scale
|
SBdP
3.3.1 Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk
gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.9.1
Siswa dapat menentukan gerakan binatang.
|
Non Tes
Non tes
|
Performance
Performance
|
Rating scale
Rating scale
|
a.
Rubrik
Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai!
Perubahan Tingkah Laku
NO
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Pengamatan
|
Jumlah
Total
|
|||||||||||
Rasa
Ingin Tahu
|
Tanggung
Jawab
|
Peduli
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1: Tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
2: Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3: Sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4: Selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
- Rubrik Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
tertulis: Daftar Periksa dan Skor
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No.
|
Kriteria
|
Tercapai (√)
|
Belum Tercapai (√)
|
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan teman
|
|
|
Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan
dengan Daftar Periksa
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
T(√)
|
BT(√)
|
T(√)
|
BT(√)
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
Lembar Kerja 1
Buatlah pertanyaan yang menurutmu penting dari gambar di
atas! Tukarkan pertanyaan dengan temanmu! Kemudian, jawab pertanyaan temanmu
dengan benar!
Pertanyaanmu:
Jawaban Temanmu:
Nama Temanmu:
Lembar Kerja 2
Lembar Kerja 2
Bacalah
teks laporan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Merawat Ayam
Ayam perlu dirawat dengan baik agar tidak mudah terkena penyakit.
Merawat ayam harus dengan kasih sayang. Banyak cara yang dilakukan dalam
merawat ayam. Pertama, dengan memberikan makan dan minum secukupnya. Kedua,
dengan menyediakan kandang yang layak dan bersih untuk ayam. Ketiga, ayam
diberi vaksin agar tidak mudah terkena penyakit. Bila ayam terkena penyakit
hendaknya segera diobati. Kalau terlambat, ayam tersebut dapat menyebarkan
penyakit bagi ayam lain dan manusia. Penyakit ayam yang berbahaya bagi manusia
adalah flu burung. Penyakit tersebut dapat menimbulkan kematian. Untuk itu,
ayam harus dirawat dengan baik.
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan isi teks tentang merawat ayam!
1. Mengapa ayam harus dirawat dengan baik?
Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . .
2.
Apa
nama penyakit ayam yang dapat menular kepada manusia?
Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . .
3.
Apa
yang diberikan agar ayam tidak mudah terkena penyakit?
Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . .
4.
Apa
dampak penyakit flu burung yang paling berbahaya bagi manusia?
|
kberat masing-masing ayam 2 kg, di
kandang manakah berat kelompok ayam yang paling berat?
No
|
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
Dan Bobot soal
|
1.
|
3.1.4 Siswa dapat memprediksi isi teks laporan sederhana tentang hewan di
lingkungan sekitar.
|
Tes Tulis
|
1. Mengapa ayam harus dirawat dengan baik?
2.
Apa nama penyakit ayam yang dapat menular kepada manusia?
3. Apa
yang diberikan agar ayam tidak mudah terkena penyakit?
4. Apa
dampak penyakit flu burung yang paling berbahaya bagi manusia?
|
1.
(25)
2.
(25)
3.
(25)
4. (25)
|
No.
|
Nama
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria: Setiap jawaban yang dijawab
benar bernilai 20 dan yang salah bernilai 0
Ket
:
Lembar Kerja 3
Nyanyikanlah lagu berikut sambil memperagakan gerakan ayam
mengepakkan sayapnya!
|
Ciptaan : A.T Mahmud
Tekotek kotek kotek,
anak ayam turun berkotek.
Tekotek kotek kotek,
anak ayam turun berkotek.
Anak ayam turunlah
empat, mati satu tinggallah tiga.
Anak ayam turunlah
tiga, mati satu tinggallah dua.
Tekotek kotek kotek,
anak ayam turun berkotek.
Tekotek kotek kotek,
anak ayam turun berkotek.
Anak ayam turunlah
dua, mati satu tinggallah satu.
Anak ayam turunlah
satu, mati satu tinggal induknya.
Lembar Kerja 4
Masih ingatkah dengan simbol-simbol
Pancasila?
Sekarang, ceritakan di depan kelas sikap yang pernah kamu
lakukan di sekitar rumah yang sesuai dengan sila Pancasila.
Apakah kamu telah menerapkan
perilaku sesuai dengan sila Pancasila?
Coba ingat kembali perbuatan baik
yang pernah kamu lakukan.
Berilah tanda centang (√) pada perbuatan yang pernah kamu lakukan dengan jujur!
|
No.
|
Bentuk Perbuatan
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
1.
|
Berkata dengan sopan
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
|
|
|
||
|
2.
|
Melaksanakan keputusan
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
|
|
|
||
|
|
keluarga dengan lapang dada
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
3.
|
Membuat PR dengan rajin
|
|
||
|
|
|
|
||
|
4.
|
Suka menolong ibu
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
|
|
|
||
|
5.
|
Menghormati guru
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
|
|
|
||
|
6.
|
Menuruti nasehat orang tua
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
|
|
|
||
|
7.
|
Berpakaian rapi
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
|
|
|
||
|
8.
|
Hidup rukun dengan adik
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
|
|
|
||
|
9.
|
Berdoa dengan khusuk
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
|
|
|
||
|
10.
|
Melaksanakan tugas di rumah
|
. . . .
|
. . . .
|
|
|
|
|
|
||
|
|
dengan tanggung jawab
|
|
|
|
Lembar Kerja 5
Bandingkan berat ayam berdasarkan
hasil penimbangan Lani!
Berilah tanda centang (ü) pada gambar yang lebih berat!
1.
2.
3.
4.
5.
Lembar
Kerja 6
|
Kandang
|
Jumlah Ayam
|
|
|
|
|
A
B
C
D
E
|
|
=mewakili
3 ayam
=
mewakili 1 ayam
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan piktograf yang kamu
amati!
1. Berapakah jumlah ayam Lani pada
kandang A?
Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . .
2. Berapakah jumlah ayam Lani pada
kandang C?
Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . .
3. Di kandang manakah jumlah ayam Lani
paling banyak?
Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . .
4. Di kandang manakah jumlah ayam Lani
paling sedikit?
J
Kunci jawaban lembar kerja siswa
a. Menjawab pertanyaan
berdasarkan teks tentang merawat ayam
1. Agar tidak mudah terkena penyakit (skor 25)
2. Flu burung (skor 25)
3. Diberi vaksin (skor 25)
4. Menyebabkan kematian (skor 25)
b. Mengisi tabel
berkaitan dengan simbol-simbol Pancasila
1. Bintang: Ketuhanan yang Maha Esa (skor 20)
2. Rantai: Kemanusiaan yang adil dan beradab (skor
20)
3. Pohon beringin: Persatuan Indonesia (skor 20)
4. Kepala banteng: Kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan (skor 20)
5. Padi dan kapas: Keadialan sosial bagi selurh
rakyat Indonesia (skor 20)
c. Membandingkan hasil
pengukuran berat dua kelompok gambar
1. 5 ekor ayam betina (skor 20)
2. 8 ekor ayam betina (skor 20)
3. 5 ekor ayam jantan (skor 20)
4. 7 ekor ayam jantan (skor 20)
5. 8 ekor ayam jantan (skor 20)
d. Menjawab pertanyaan berdasarkan grafik
konkrit/piktograf
1. 8 ekor (skor 20)
2. 7 ekor (skor 20)
3. Kandang B (skor 20)
4. Kandang D (skor 20)
5. Kandang B (skor 20)
- Rubrik Penilaian Keterampilan
Rubrik Membaca teks laporan
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
1.
|
Kemampuan
membaca
teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
dengan lancar.
|
Siswa mampu
membaca seluruh teks, tetapi kurang
lancar.
|
Siswa kurang
mampu membaca.
|
Siswa belum mampu
membaca teks.
|
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
2.
|
Volume Suara
|
Volume suara keras
dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume suara kurang
jelas
|
Suara sangat pelan
dan tidak jelas
|
|
|
||||||
|
Rubrik membuat kesimpulan dari teks
bacaan tentang cara merawat ayam
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
1.
|
Kesesuaian kesimpulan
dengan teks
|
Simpulan singkat dan
mewakili isi teks.
|
Simpulan agak panjang
dan mewakili isi teks.
|
Simpulan kurang mewakili
isi teks.
|
Simpulan tidak mewakili
isi teks.
|
|
2.
|
Keefektifan kalimat
|
Mampu membuat kalimat
kesimpulan secara efektif
|
Mampu membuat sebagian
besar kalimat kesimpulan
|
Mampu membuat sebagian
kecil kalimat kesimpulan
|
Belum mampu membuat
kesimpulan
|
|
Lembar penilaian menirukan gerakan ayam
mengepakkan sayap
No.
|
|
Kriteria
|
|
|
|
|
Tercapai (√)
|
|
Belum
Tercapai (√)
|
|
|
||||||
1.
|
|
Siswa mampu mengikuti instruksi
|
|
|
|
....
|
|
|
....
|
|
|
|
|||||
2.
|
|
Siswa mampu menirukan gerakan dengan benar
|
|
|
|
....
|
|
|
....
|
|
|
|
|||||
3.
|
|
Siswa terlibat aktif dalam pem-
|
|
|
....
|
|
|
....
|
|
|
|
||||||
Hasil penilaian menirukan gerakan
ayam mengepakkan sayap
|
|||||||||||||||||
|
|
|
|
Kriteria 1
|
|
Kriteria 2
|
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
|
|
||||||
No.
|
|
Nama Siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T
|
BT
|
|
T
|
|
BT
|
|
T
|
|
BT
|
T
|
BT
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
(√)
|
(√)
|
|
(√)
|
|
(√)
|
|
(√)
|
(√)
|
(√)
|
(√)
|
|
|
|
1.
|
|
Beni
|
|
....
|
....
|
|
....
|
|
....
|
|
....
|
....
|
....
|
....
|
|
|
|
2.
|
|
Dayu
|
|
....
|
....
|
|
....
|
|
....
|
|
....
|
....
|
....
|
....
|
|
|
|
|
|
Dan seterusnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Merawat Hewan
7
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Tematik Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar