Rabu, 27 Desember 2017

TEMATIK DI MI BADRUSSALAM SURABAYA




Satuan Pendidikan          : MI Badrussalam Surabaya
Kelas / Semester              : II / 2
Tema / Topik                   : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema                         : Merawat Hewan
Petemuan ke                    : 1
Semester                           : 2 (Dua)
Alokasi Waktu                 : 1 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Mengenal teks laporan  sederhana tentang
alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.4 Siswa dapat memprediksi isi teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar.
3.1.5 Siswa dapat membaca nyaring teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar.
4.1.6 Siswa dapat menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan hewan di lingkungan sekitar.
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data
yang disajikan dengan grafik konkrit dan
piktograf.
3.10.3 Siswa dapat membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.

4.10.3 Siswa dapat membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit/piktograf.
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
3.1.1 Siswa dapat mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Siswa dapat engamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.9 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
3.3.1 Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.9.1 Siswa dapat menentukan gerakan binatang.




  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar Lani membersihkan kandang ayam, siswa dapat memprediksi isi teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar dengan penuh rasa ingin tahu dan sikap peduli.
2.      Dengan teks bacaan tentang merawat ayam, siswa dapat membaca nyaring teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar dengan penuh rasa percaya diri.
3.      Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan teks laporan, siswa dapat menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan hewan di lingkungan sekitar dengan tanggung jawab.
4.      Dengan tanya jawab tentang gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh rasa percaya diri.
5.      Dengan tanya jawab dan peragaan gerakan ayam, siswa dapat menentukan gerakan binatang dengan penuh rasa ingin tahu.
6.      Dengan mengamati gambar burung Garuda, siswa dapat mengidentifikasi simbol simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan tanggung jawab.
7.      Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menceritakan perilaku yang dilakukan di sekitar rumah yang sesuai dengan simbol-simbol Pancasila dengan tanggung jawab.
8.      Dengan mengisi tabel tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila, siswa dapat menerapkan perilaku di sekitar rumah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila dengan sikap peduli dan tanggung jawab.
9.      Dengan mengamati gambar dan soal latihan tentang hasil pengukuran berat hewan, siswa dapat membandingkan hasil pengukuran berat dua benda dengan tanggung jawab.
10.  Dengan mengamati grafik konkrit/piktograf, siswa dapat membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit/ piktograf dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan tanggung jawab.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
1. Laporan Teks Sederhana tentang Hewan
2. Membandingkan Hasil Pengukuran Dua Benda
3. Bentuk Gerakan Binatang
4. Simbol-simbol Sila Pancasila

E.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media Pembelajaran          :
    1. Gambar Lani membantu ayah membersihkan kandang ayam.


 










    1. Gambar Lani dan Ayah membersihkan kandang (Mengamati)
Oval: Ya, Ayah. Aku akan selalu menjaga kebersihan kandang ayam ini dengan baikOval: Kandang ini perlu dibersihkan agar ayamnya tidak mudah sakit, ya, Nak.
    1. Teks laporan tentang “Merawat Ayam”.


 










    1. Teks lagu “Anak Ayam”.
    2. Gambar burung Garuda.
    3. Gambar ayam jantan dan ayam betina.
    4. Piktograf.
    5. Topeng Ayam.
    6. PPT (Power Point).

2.      Alat Pembelajaran
a.       Papan tulis dan spidol.
b.      Laptop.
c.       LCD dan proyektor.

3.      Sumber Pembelajaran
a.    Buku Paket Tema 7 (Sub Tema 2) Kurikulum 2013 Untuk Kelas II SD/MI.
b.    Bahan Ajar Tema 7 (Sub Tema 2) Kelas II SD/MI materi Merawat Hewan dan Tumbuhan.
c.    Lembar Kerja Siswa.

  1. PENDEKATAN, METODE, STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN
                              1.            Model Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
                              2.            Metode Pembelajaran : Ceramah, ilustrasi, tanya jawab, diskusi, demonstrasi,                                                                                  dan presentasi.
                              3.            Strategi Pembelajaran : Snow Ball Throwing
                              4.            Pendekatan                 : Scientific (Mengamati, Menanya, Mengeksplorasi,                                          Menalar dan Mengkomunikasikan)

  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.      Kegiatan
Pendahuluan
1.      Siswa merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. Salamnya Guru Seperti ini: Assalamu’alaikum kaifa haluk? Murid menjawab: Wa’alaikum salam Alhamdulillah. Guru : Assalamu’alaikum wa’alaikum salam, asslamu’alaikum kaifa haluk? Murid : Wa’alaikum salam Alhamdulilah.
2.      Siswa mengacungkan tangan untuk absen kehadiran.
3.      Siswa berdo’a bersama sebelum belajar dengan dipimpin oleh ketua kelas.
4. Siswa diajak ice breaking dengan tepuk semangat untuk memotivasi siswa, dan permainan “Berjalan menirukan jalan binatang”
5. Siswa merespon apersepsi yang disampaikan pendidik dengan gambar dan pertanyaan.
7. Siswa menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari.
5
menit
2.      Kegiatan
Inti
1.      Guru membimbing siswa mengamati gambar dengan memberikan pertanyaan menggali dan menuntun.
2.      Siswa mengamati gambar Lani membantu ayah membersihkan kandang ayam (mengamati).
3.      Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati pada lembar kerjanya (menanya).
4.      Siswa saling menukarkan pertanyaan dengan teman sebangkunya (mengomunikasikan).
5.      Siswa menjawab pertanyaan yang dibuat temannya pada lembar kerja yang disediakan pada buku siswa (menalar).
6.      Siswa bersama teman sebangku saling berdiskusi tentang jawaban yang dibuat (mengomunikasikan).
7.      Siswa membaca teks laporan merawat ayam (mengamati).
8.      Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks laporan merawat ayam (menalar).
9.      Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengomunikasikan).
10.  Siswa membuat kesimpulan dari teks laporan yang telah dibaca (mencoba).
11.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tantang kesimpulan yang telah dibuat (mengomunikasikan).
12.  Siswa dibimbing guru menyanyikan lagu “Anak Ayam” (mencoba).
13.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang isi lagu yang telah dinyanyikan (mengomunikasikan).
14.  Siswa dibimbing mengidentifikasi gerakan ayam mengepakkan sayap (menalar).
15.  Siswa menirukan gerakan ayam mengepakkan sayap (mencoba).
16.  Siswa menyanyikan lagu “Anak Ayam” sambil memperagakan gerakan ayam mengepakkan sayap (mencoba).
17.  Siswa mendiskusikan teks singkat yang dibaca tentang perilaku Lani yang berkaitan dengan nilai Pancasila (mengomunikasikan).
18.  Siswa mengamati gambar burung Garuda (mengamati).
19.  Siswa mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila (menalar).
20.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang perilaku yang pernah dilakukannya di rumah sesuai dengan nilai pada sila-sila Pancasila (menanya).
21.  Siswa menceritakan perilaku yang pernah dilakukannya di rumah sesuai dengan nilai pada sila-sila Pancasila (mengomunikasikan).
22.  Siswa menyimpulkan perilaku yang pernah dilakukan.
23.  Siswa mengisi tabel tentang bentuk perilaku di sekitar rumah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila (mencoba).
24.  Siswa mendiskusikan jawaban yang ditulis (mengomunikasikan).
25.  Siswa mengamati gambar dan hasil pengukuran berat hewan (mengamati).
26.  Siswa membandingkan berat dua kelompok binatang mengerjakan latihan yang ada di buku siswa (menalar).
27.  Siswa dan guru mendiskusikan jawaban dari latihan yang telah dikerjakan (mengomunikasikan).
28.  Siswa mengamati grafik konkrit/piktograf yang berkaitan dengan jumlah ayam Lani pada setiap kandang (mengamati).
29.  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan grafik konkrit/ piktograf yang diamati (menanya).
30.  Siswa dan guru mendiskusikan jawaban atas pertanyaan dari piktograf yang telah diamati (mengomunikasikan).
31.  Siswa mengamati data tentang jumlah ayam pada setiap kandang (mengamati).
32.  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan piktograf (menalar).
20 menit
3.      Kegiatan
Penutup
Kegiatan Siswa yaitu:
·         Bertanya jawab dengan menyimpulkan materi pada hari ini yang telah dipelajari disertai penguatan dari guru.
·         Menerima pekerjaan rumah pada materi hari ini yang harus dikerjakan siswa.
·         Menerima motivasi dari guru agar selalu merawat hewan dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Berdoa bersama setelah pelajaran selesai dan diakhiri menjawab salam dari guru.

Kegiatan Guru yaitu:
·         Bertanya jawab dengan menyimpulkan materi pada hari ini yang telah dipelajari disertai penguatan dari guru.
·         Menyampaikan pekerjaan rumah pada materi hari ini yang harus dikerjakan siswa.
·         Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·         Menyampaikan motivasi kepada siswa agar selalu merawat hewan dan tumbuhan  dalam kehidupan sehari-hari.
·         Berdoa bersama setelah pelajaran selesai dan diakhiri mengucapkan salam dari guru.
10 menit




H. PENILAIAN
Ø  Kisi-kisi Penilaian
Indikator kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen penilaian
Bahasa Indonesia
3.1.4 Siswa dapat memprediksi isi teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar.
3.1.5 Siswa dapat membaca nyaring teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar.
4.1.6 Siswa dapat menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan hewan di lingkungan sekitar.

Tes

Non tes

Tes



Tes Tulis

Penilaian diri

Tes Lisan

Butir Soal Tulis
Rating scale

Butir Soal Lisan
Matematika
3.10.3 Siswa dapat membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.

4.10.3 Siswa dapat membaca data yang disajikan dengan grafik konkrit/piktograf.

Tes


Non tes

Tes Tulis


Performance

Butir Soal Tulis

Rating scale
PPKn
3.1.1 Siswa dapat mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Siswa dapat mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.

Tes


Non tes

Tes Lisan


Performance

Butir Soal Lisan

Rating scale
SBdP
3.3.1 Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.9.1 Siswa dapat menentukan gerakan binatang.

Non Tes

Non tes

Performance

Performance

Rating scale

Rating scale







a.      Rubrik Penilaian Sikap
      Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai!
Perubahan Tingkah Laku
NO
Nama Peserta Didik
Aspek Pengamatan
Jumlah Total
Rasa Ingin Tahu
Tanggung Jawab
Peduli
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1














2














3














4














5














Keterangan    :
1: Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2: Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3: Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4: Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

  1. Rubrik Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
            Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No.
Kriteria
Tercapai ()
Belum Tercapai ()
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman


Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No.
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
T()
BT()
T()
BT()
1.






Dst







Lembar Kerja 1
Buatlah pertanyaan yang menurutmu penting dari gambar di atas! Tukarkan pertanyaan dengan temanmu! Kemudian, jawab pertanyaan temanmu dengan benar!
Pertanyaanmu:

Jawaban Temanmu:

Nama Temanmu:

Rounded Rectangle: NILAIRounded Rectangle: NAMA:
KELAS:
Lembar Kerja 2
Lembar Kerja 2

Bacalah teks laporan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Merawat Ayam
Ayam perlu dirawat dengan baik agar tidak mudah terkena penyakit. Merawat ayam harus dengan kasih sayang. Banyak cara yang dilakukan dalam merawat ayam. Pertama, dengan memberikan makan dan minum secukupnya. Kedua, dengan menyediakan kandang yang layak dan bersih untuk ayam. Ketiga, ayam diberi vaksin agar tidak mudah terkena penyakit. Bila ayam terkena penyakit hendaknya segera diobati. Kalau terlambat, ayam tersebut dapat menyebarkan penyakit bagi ayam lain dan manusia. Penyakit ayam yang berbahaya bagi manusia adalah flu burung. Penyakit tersebut dapat menimbulkan kematian. Untuk itu, ayam harus dirawat dengan baik.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi teks tentang merawat ayam!
1. Mengapa ayam harus dirawat dengan baik?
Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2.        Apa nama penyakit ayam yang dapat menular kepada manusia?

Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3.        Apa yang diberikan agar ayam tidak mudah terkena penyakit?

Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4.        Apa dampak penyakit flu burung yang paling berbahaya bagi manusia?

Selamat mengerjakan!
 
Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

kberat masing-masing ayam 2 kg, di kandang manakah berat kelompok ayam yang paling berat?
No
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Indikator Soal
Nomor Soal
Dan Bobot soal
1.





 3.1.4 Siswa dapat memprediksi isi teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar.


Tes Tulis

 1. Mengapa ayam harus dirawat dengan baik?
2.        Apa nama penyakit ayam yang dapat menular kepada manusia?
3. Apa yang diberikan agar ayam tidak mudah terkena penyakit?
4. Apa dampak penyakit flu burung yang paling berbahaya bagi manusia?
1. (25)
2. (25)
3. (25)
4. (25)


No.
Nama
Nilai









Kriteria: Setiap jawaban yang dijawab benar bernilai 20 dan yang salah bernilai 0
Ket : 

Lembar Kerja 3
Nyanyikanlah lagu berikut sambil memperagakan gerakan ayam mengepakkan sayapnya!
Ayo Menyanyi! J
 
Anak Ayam
Ciptaan : A.T Mahmud
Tekotek kotek kotek, anak ayam turun berkotek.
Tekotek kotek kotek, anak ayam turun berkotek.
Anak ayam turunlah empat, mati satu tinggallah tiga.
Anak ayam turunlah tiga, mati satu tinggallah dua.
Tekotek kotek kotek, anak ayam turun berkotek.
Tekotek kotek kotek, anak ayam turun berkotek.
Anak ayam turunlah dua, mati satu tinggallah satu.
Anak ayam turunlah satu, mati satu tinggal induknya.






Rounded Rectangle: NAMA:
KELAS:
Lembar Kerja 4


Masih ingatkah dengan simbol-simbol Pancasila?
Sekarang, ceritakan di depan kelas sikap yang pernah kamu lakukan di sekitar rumah yang sesuai dengan sila Pancasila.
Apakah kamu telah menerapkan perilaku sesuai dengan sila Pancasila?
Coba ingat kembali perbuatan baik yang pernah kamu lakukan.

Berilah tanda centang () pada perbuatan yang pernah kamu lakukan dengan jujur!

No.
Bentuk Perbuatan
Ya
Tidak


1.
Berkata dengan sopan
. . . .
. . . .






2.
Melaksanakan keputusan
. . . .
. . . .







keluarga dengan lapang dada
. . . .
. . . .


3.
Membuat PR dengan rajin






4.
Suka menolong ibu
. . . .
. . . .






5.
Menghormati guru
. . . .
. . . .






6.
Menuruti nasehat orang tua
. . . .
. . . .






7.
Berpakaian rapi
. . . .
. . . .






8.
Hidup rukun dengan adik
. . . .
. . . .






9.
Berdoa dengan khusuk
. . . .
. . . .






10.
Melaksanakan tugas di rumah
. . . .
. . . .







dengan tanggung jawab












Rounded Rectangle: NAMA:
KELAS:
Lembar Kerja 5



Bandingkan berat ayam berdasarkan hasil penimbangan Lani!
Berilah tanda centang (ü) pada gambar yang lebih berat!
1.           
2.           
3.           
4.           
5.           




Lembar Kerja 6
Rounded Rectangle: NAMA:
KELAS:
 



Kandang
Jumlah Ayam





A




B



C



D



E



























 
=mewakili 3 ayam




 
= mewakili 1 ayam






Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan piktograf yang kamu amati!
1.       Berapakah jumlah ayam Lani pada kandang A?

Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

2.       Berapakah jumlah ayam Lani pada kandang C?

Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

3.       Di kandang manakah jumlah ayam Lani paling banyak?

Jawab: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

4.       Di kandang manakah jumlah ayam Lani paling sedikit?

J
Kunci jawaban lembar kerja siswa

a.   Menjawab pertanyaan berdasarkan teks tentang merawat ayam
1.    Agar tidak mudah terkena penyakit (skor 25)
2.    Flu burung (skor 25)
3.    Diberi vaksin (skor 25)
4.    Menyebabkan kematian (skor 25)
b.   Mengisi tabel berkaitan dengan simbol-simbol Pancasila
1.    Bintang: Ketuhanan yang Maha Esa (skor 20)
2.    Rantai: Kemanusiaan yang adil dan beradab (skor 20)
3.    Pohon beringin: Persatuan Indonesia (skor 20)
4.    Kepala banteng: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan (skor 20)
5.    Padi dan kapas: Keadialan sosial bagi selurh rakyat Indonesia (skor 20)
c.   Membandingkan hasil pengukuran berat dua kelompok gambar
1.    5 ekor ayam betina (skor 20)
2.    8 ekor ayam betina (skor 20)
3.    5 ekor ayam jantan (skor 20)
4.      7 ekor ayam jantan (skor 20)
5.      8 ekor ayam jantan (skor 20)
d. Menjawab pertanyaan berdasarkan grafik konkrit/piktograf
1.    8 ekor (skor 20)
2.    7 ekor (skor 20)
3.    Kandang B (skor 20)
4.    Kandang D (skor 20)
5.    Kandang B (skor 20)

  1. Rubrik Penilaian Keterampilan
Rubrik Membaca teks laporan
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan



4
3
2
1

1.
Kemampuan
membaca
teks
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
dengan lancar.
Siswa mampu
membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar.
Siswa kurang
mampu membaca.
Siswa belum mampu membaca teks.




2.
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang jelas
Suara sangat pelan dan tidak jelas



Rubrik membuat kesimpulan dari teks bacaan tentang cara merawat ayam
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan



4
3
2
1

1.
Kesesuaian kesimpulan dengan teks
Simpulan singkat dan mewakili isi teks.
Simpulan agak panjang dan mewakili isi teks.
Simpulan kurang mewakili isi teks.
Simpulan tidak mewakili isi teks.

2.
Keefektifan kalimat
Mampu membuat kalimat kesimpulan secara efektif
Mampu membuat sebagian besar kalimat kesimpulan
Mampu membuat sebagian kecil kalimat kesimpulan
Belum mampu membuat kesimpulan



Lembar penilaian menirukan gerakan ayam mengepakkan sayap
No.

Kriteria




Tercapai ()

Belum Tercapai ()


1.

Siswa mampu mengikuti instruksi



....


....



2.

Siswa mampu menirukan gerakan dengan benar



....


....



3.

Siswa terlibat aktif dalam pem-


....


....




Hasil penilaian menirukan gerakan ayam mengepakkan sayap





Kriteria 1

Kriteria 2

Kriteria 3
Kriteria 4


No.

Nama Siswa

















T
BT

T

BT

T

BT
T
BT
















()
()

()

()

()
()
()
()


1.

Beni

....
....

....

....

....
....
....
....


2.

Dayu

....
....

....

....

....
....
....
....




Dan seterusnya















Merawat Hewan
7
Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Tematik Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAGU ANAK AYAM

Lagukan ini saat pembelajaran tematik untuk anak-anakku kelas 2 ya! Tekotek kotek kotek anak ayam turun berkotek Tekotek kotek kot...